Home / Berita Bola / Soccerpedia: Pemain Pertama Asia yang Cetak Gol di Liga Champions
Agen Casino Online

Soccerpedia: Pemain Pertama Asia yang Cetak Gol di Liga Champions

Soccerpedia: Pemain Pertama Asia yang Cetak Gol di Liga Champions

Soccerpedia: Pemain Pertama Asia yang Cetak Gol di Liga Champions

JagoBola.com – Saat ini sudah tidak asing lagi melihat para pemain dari Benua Asia merumput di kompetisi-kompetisi bergengsi Eropa, termasuk Liga Champions, bahkan menjadi salah satu ikon klub seperti Park Ji-sung untuk Manchester United. Lalu, siapakah pemain pertama Asia yang mencetak gol di Liga Champions? Sosok yang dimaksud adalah Tasuhiko Okudera.

Okudera mengawali karier sepakbola pada 1970 sebagai pegawai Furukawa Electric Co Ltd yang tim sepakbolanya berlaga di Japan Soccer League, liga sepakbola teratas di Negeri Sakura. Pada musim panas 1977, saat timnya bermain di Jerman, bakatnya mengundang minat pelatih FC Koln yakni Hennes Weisweiler. FC Koln pun memberikan Okudera kontrak.

Okudera melakukan debutnya bersama FC Koln pada 5 Oktober 1977 dan menjadi pemain pertama Jepang yang merumput di kompetisi bergengsi Eropa. FC Koln menjadi juara Bundesliga pada musim tersebut.

Menjadi penguasa Bundesliga membuat FC Koln berkesempatan berlaga di Liga Champions. Okudera pun termasuk sebagai salah satu pemain kunci klub asal Kota Cologne tersebut. Gol Okudera dalam laga melawan Nottingham Forest pada semifinal Liga Champions 1979, menjadikan dia sebagai pemain pertama Asia yang mencetak gol di Liga Champions.

Pada musim panas 1986, Okudera kembali ke Jepang dengan membela klub lamanya yakni Furukawa Electric dan menjadi generasi pertama pesepakbola terkenal di Negeri Matahari Terbit. Dia merangkum kariernya di Jerman dengan 234 penampilan dan 26 gol.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Pochettino: Laga Melawan Palace Sama Pentingnya seperti Melawan Madrid

Pochettino: Laga Melawan Palace Sama Pentingnya seperti Melawan Madrid London РMauricio Pochettino meminta Tottenham Hotspur ...