Home / News / Agar banjir tak terulang, Emil diminta bangun kawasan resapan air
Agen Casino Online

Agar banjir tak terulang, Emil diminta bangun kawasan resapan air

Agar banjir tak terulang, Emil diminta bangun kawasan resapan air

Agar banjir tak terulang, Emil diminta bangun kawasan resapan air

JagoBola.com – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Diah Pitaloka menyayangkan terjadinya banjir di Kota Bandung. Menurut dia, hal ini seharusnya menjadi koreksi pada kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang lebih banyak mementingkan penataan kota semata, tetapi tidak memperhatikan kawasan sekitarnya.

Diah melanjutkan, saat ini Ridwan Kamil alias Emil lebih dikenal dengan program arsitektur kota. Namun ada persoalan penting yang tidak juga melahirkan tindakan kongkrit atas kondisi ekologis kota yang semrawut.

“Bandung dikelilingi gunung, banjir ini bisa terjadi karena masalah mendasar, masalah ekologis. Pertama daerah resapan air yang sudah menjadi hotel dan pemukiman sudah merambah sampai pegunungan, misalnya kawasan Dago Utara. Gak ada solusinya juga sampai sekarang,” katanya, Jakarta, Rabu (26/10).

Diah berharap, Ridwan Kamil tidak hanya mengerjakan program untuk kepentingan pencitraannya saja. Sebab ternyata pembangunan di kawasan sekitar Bandung sudah tidak terkontrol, dan ini seharusnya sudah menjadi perhatian usai terjadinya banjir besar.

“Berharap kinerja Ridwan Kamil tidak hanya pencitraan. Lihat permasalahan ekosistem, karena itu menjadi masalah mendasar. Intinya perencanaan dan pengimplementasi tidak memperhitungkan daya tampung dan daya dukung terhadap lingkungan,” jelasnya.

Menurut dia, harusnya masalah banjir ini sudah terdeteksi. Persoalan disiplin tata kota berbasis penyelamatan lingkungan, kordinasi dengan BNPB, program reboisasi mengatasi besarnya wilayah hutan yang hilang karena pemukiman dan penebangan serta pengolahan sampah menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Persoalan tidak terletak di hilir pada saluran airnya saja. Tapi di hulu pada hutan dan penyempitan aliran sungai.

“BPBD juga harus segera melakukan koordinasi dan penataan tata kota berbasis ekosistem sebagai proses pencegahan bencana. Karena dananya ada bukan untuk dihabiskan saat ada bencana, tapi lebih baik apabila lebih diutamakan untuk pencegahan bencana,” tandasnya.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi

Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi Menunjukkan eksistensi teknologi kendaraan listrik, Nissan meluncurkan mobil konsep ...