Home / News / Barito Selatan bakal bikin Perda khusus cegah anak muda ‘ngelem’
Agen Casino Online

Barito Selatan bakal bikin Perda khusus cegah anak muda ‘ngelem’

Barito Selatan bakal bikin Perda khusus cegah anak muda ‘ngelem’

Barito Selatan bakal bikin Perda khusus cegah anak muda 'ngelem'

JagoBola.com – Perilaku menghirup uap lem atau semacamnya buat mendapatkan sensasi ‘melayang’ di kaum muda kelas bawah membikin resah Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Mereka menyatakan segera menerbitkan Peraturan Daerah tentang Penjualan dan Penggunaan Lem.

“Pembentukan peraturan daerah itu dilakukan karena selama ini lem tersebut banyak disalahgunakan generasi muda,” kata Bupati Barito Selatan (Barsel), H.M. Farid Yusran, di Buntok, Jumat (24/6).

Farid menyatakan akan menyusun draf serta aturan hukum Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Penjualan maupun Penggunaan Lem itu.

“Kami telah menyiapkan surat keputusan tim pembentukan peraturan daerahnya,” ujar Farid.

Menurut farid, penyusunan aturan itu melibatkan pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan agama, Kejaksaan Negeri, hingga Pengadilan Negeri Buntok.

“Ini dimaksudkan supaya dalam penegakan hukum bisa bersinergi dan tidak bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku,” ucap Farid.

Farid berharap, dengan adanya perda itu nantinya bisa menekan penyalahgunaan lem, yang saat ini sedang marak terjadi di wilayah setempat.

“Sebab di dalam lem tersebut mengandung zat adiktif menyebabkan ketagihan dan merusak otak, yang pada akhirnya menghancurkan masa depan generasi muda,” lanjut Farid.

Selama ini, lanjut dia, Polres Barsel mengalami kesulitan dalam memberantas penggemar ‘ngelem’, lantaran tidak ada payung hukum menindak penjual maupun penggunanya.

“Dengan adanya perda tersebut, aparat hukum akan lebih mudah dalam mengantisipasi menindak para penjual maupun pengguna lem yang sangat membahayakan kesehatan itu,” imbuh Farid, seperti dilansir dari Antara.

Polres Barito Selatan mendukung langkah pemerintah kabupaten setempat, buat membikin peraturan daerah tentang penjualan dan penggunaan lem.

“Perda tersebut untuk memudahkan kita dalam penegakan hukum bagi penjual dan pengguna lem,” kata Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga.

Menurut Yussak, di dalam uap lem dihirup itu mengandung zat adiktif, yang bisa merusak saraf, menyebabkan paranoid, dan kecanduan.

“Dengan adanya peraturan daerah itu, maka kita akan bisa lebih mudah dalam menindak mereka yang menyalahgunakan lem di masyarakat,” tutup Yussak.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Toyota Siapkan Platform Mobil Sport Baru

Toyota Siapkan Platform Mobil Sport Baru Rencana Toyota meluncurkan varian baru bernuansa sporty dengan emblem ...