Home / News / Kriminal / Bebaskan Sandera Abu Sayyaf Pakai Operasi Militer, Data Intelijen Harus Lengkap
Agen Casino Online

Bebaskan Sandera Abu Sayyaf Pakai Operasi Militer, Data Intelijen Harus Lengkap

Bebaskan Sandera Abu Sayyaf Pakai Operasi Militer, Data Intelijen Harus Lengkap

Bebaskan Sandera Abu Sayyaf Pakai Operasi Militer, Data Intelijen Harus Lengkap

JagoBola.com – Sebelum melakukan operasi penyelamatan sandera anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) di Filipina, anggota Komisi I DPR Salim Mengga meminta TNI untuk mengetahui secara pasti lokasi penyanderaan tujuh WNI tersebut.

“Yakin bahwa informasi tentang lokasi sandera dan kekuatan penculik sudah diketahui dengan pasti,” ucap Salim di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/6).

Perlunya memastikan lokasi penyanderaan adalah untuk menyusun rencana penyelamatan secara cermat. Pasalnya, operasi pembebasan sandera memiliki resiko tinggi, karena kondisi daerah, pola pergerakan, kekuatan personel, dan senjata kelompok penyanderaan harus diketahui secara pasti.

Selain itu, Salim juga mengungkapkan bahwa intelijen memegang peran penting dalam operasi pembebasan dengan menggunakan opsi militer. Dia mencontohkan, militer Filipina yang sempat dipukul mundur oleh kelompok Abu Sayyaf, karena informasi intelijen yang buruk.

Hal sebaliknya disuarakan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais. Hanafi menuturkan bahwa metode nirkekerasan justru lebih efektif, meski memakan waktu yang lebih lama. Namun begitu, opeasi militer diakuinya akan mempercepat proses pembebasan sandera, meski tingkat resikonya lebih tinggi.

“Intinya mana yang lebih menjamin keselamatan sandera. Tapi dari pengalaman, pendekatan nirkekerasan lebih efektif daripada militer,” ucap Hanafi.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

BMW i Hampir Mustahil Dirakit di Indonesia

BMW i Hampir Mustahil Dirakit di Indonesia Mengklaim diri sebagai pionir kendaraan listrik di dalam ...