Home / News / Bocah dan remaja di Gianyar berdandan ala raksasa di ritual Ngerebeg
Agen Casino Online

Bocah dan remaja di Gianyar berdandan ala raksasa di ritual Ngerebeg

Bocah dan remaja di Gianyar berdandan ala raksasa di ritual Ngerebeg

Bocah dan remaja di Gianyar berdandan ala raksasa di ritual Ngerebeg

JagoBola.com – Sejak pagi tadi seluruh anak-anak dan remaja di Desa Tegalalang, Gianyar Bali sudah sibuk melumuri tubuh dan wajah hingga menyerupai wong samar atau raksasa. Itu dilakukan serangkaian dari prosesi Nyadnya di Pura Duur Bingin, Tegallalang.

Ritual yang disebut Ngerebeg ini bertujuan untuk mengusir segala sifat setan yang mempengaruhi warga desa. Sehingga dengan ritual tersebut, diharapkan kerukunan warga di desa terus terjalin. Mereka mengelilingi desa yang dimulai dari tengah hari hingga jelang sore.

“Anak-anak mencoba mengekpresikan sebuah keburukan sebagai akibat perbuatan gelap manusia yang terjabarkan dalam Sad Ripu, yakni enam musuh yang ada di dalam diri manusia,” ungkap Gusti Mangku Lingsir Duur Bingin, Rabu (16/3).

Dari keyakinan masyarakat setempat, di antara anak-anak itu akan ada kehadiran wong samar. Diyakini pula wong samar merasuki anak-anak, sehingga harus diberlakukan istimewa.

“Hal ini dibuktikan saat disajikan santap siang bersama yang disebut katuran pica, anak-anak ini terus minta nambah, padahal sajiannya sudah melebihi porsi orang dewasa,” jelas Mangku Lingsir.

Bendesa Desa Pakraman Tegallalang, I Made Jaya Kusuma menyebutkan dari tampilan anak-anak ini, setidaknya telah mewakili niat kesadaran. Bahwa, anak-anak yang masih diselimuti stabil, akan selalu dibayangi akibat buruk. Gambaran ini secara tidak langsung disosialisasikan dari konvoi keliling desa.

“Start di Pura Duur Bingin, anak-anak yang berjumlah ratusan ini, mengelilingi desa dengan membawa hiasan bunga yang disebut Gerebeg,” terangnya.

Tradisi ngerebeg, lanjutnya dilaksanakan secara turun temurun serangkaian upacara di pura setempat. Saat berkeliling desa, peserta dihaturkan sesajen di tiap-tiang pura dan kuburan yang dilewati.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Sandi Juga Pertimbangkan Masukkan Non-PNS Jadi Tim Gubernur

Sandi Juga Pertimbangkan Masukkan Non-PNS Jadi Tim Gubernur Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mempertimbangkan ...