Home / News / Kriminal / Bunuh Tetangganya, Pelajar SMA Ini Divonis 10 tahun Penjara
Agen Casino Online

Bunuh Tetangganya, Pelajar SMA Ini Divonis 10 tahun Penjara

Bunuh Tetangganya, Pelajar SMA Ini Divonis 10 tahun Penjara

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Polewali Mandar menjatuhkan vonis 10 tahun penjara terhadap HRN (16), pelajar SMA di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sidang vonis yang dipimpin Ketua Majelis Hakim I.B Oka Saputra M itu dibacakan pada Jumat (10/6/2017) siang.

HRN terbukti melakukan pembunuhan secara bersama-sama terhadap Fatur (34), seorang pegawai nstalasi UGD rumah sakit di Polewali Mandar. HRN dinyatakan terbukti melanggar Pasal 340 KUHP berdasarkan Undang-undang tentang Sistem Peradilan Anak.

Berdasakan pasal 340 KUHP, hukuman maksimal bagi pelaku pembunuhan berencana yang dilakukan secara bersama-sama adalah hukuman mati atau seumur hidup. Namun, HRN masih tergolong usia anak sehingga diberi hukuman 10 tahun penjara.

Humas Pengadilan Negeri Polewali Mandar, Hamsira Halim SH mengatakan, vonis majelis hakim terhadap HRN adalah putusan maksimal karena pelaku masih di bawah umur sesuai UU sistem peradilan anak.

“Putusannya sudah maksimal, berdasarkan Undang-undang Sistem Peradian Anak,” jelas Hamsira.

Sidang dikawal ketat oleh puluhan personel dari Polres Polewali Mandar. Pengunjung sidang, termasuk keluarga korban dan pelaku harus melewati pemeriksaan dengan metal detector di pintu masuk.

Untuk menghindari amuk massa, petugas kepolisian terpaksa harus bermain kucing-kucingan untuk menggiring HRN dari rutan ke ruang di pengadilan hingga ke ruang sidang.

Usai sidang, terdakwa langsung dievakuasi puluhan personel Polres Polewali Mandar melalui pintu belakang untuk mengecoh kerumunan massa.

Keluarga harap hukuman berat

Pihak keluarga korban, Burhanuddin menyatakan menyerahkan kasus ini kepada pihak kejaksaan.

Menurut Burhanuddin, sebagain pihak keluarga korban memang berharap pelaku dihukum lebih berat. Namun mereka akan berkonsultasi dengan pihak kejaksaan.

“Sebagian keluarga korban memang berharap divonis lebih berat. Tapi kasus in kita serahkan ke kejaksaan. Keluarga natinya akan berkonsultasi ke kejaksaan,” ujar Burhanuddin.

Sementara itu, penasehat hukum HRN, Abdul Kadir menyatakan masih pikir-pikir apakah akan menerima putusan majelis hakim atau mengajukan banding.

“Kita lihat saja nanti, saya dan keluarga terpidana akan mendiskusikan hal ini,” tutur Abdul usai sidnag.

Ditemui terpisah usai sidang, jaksa penuntut umum, Sugiharto SH mengatakan pihaknya akan menerima putusan pengadilan jika terdakwa juga menerima. Begitu pula jika terdakwa mengajukan banding.

“Kita lihat saja nanti kalau penasehat hukum terdakwa banding maka kami juga akan melakukan banding,” tutur Sugiharto.

Kronologi pembunuhan Fatur

Kasus pembunuhan terhadap Fatur terjadi pada Senin (1/5/2017) sekitar pukul 19.00 di BTN Lino Maloga, Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali.

Mulanya, Fatur menduga HRN telah mebobol rumahnya. Fatur kemudian langsung mendatangi HRN di lapangan sepak bola Baseang. Saat itu HRN yang merupakan tetangganya sedang menonton pertandingan sepak bola antardea.

Kapolres Polewali Mnadar, AKBP Adi Wijaya mengungkapkan, saat itu Fatur mengeluarkan kata-kata kasar kepada HRN. Fatur juga sempat memukul bagian telinga HRN dan menendang lutut hingga HRN terjatuh.

HRN yang tidak terima tuduhan Fatur dan diserang di tengah keramaian saat sedang menonton sepak bola itu rupanya menyimpan dendam.

Saat Fatur pulang ke rumahya, HRN mendatangi rumah tetangganya itu dengan membawa senjata parang panjang mendatangi.

HRN sempat membanting pintu dan mencari Fatur di dalam rumahya. Mereka sempat adu mulut. HRN sempat diusir keluar dari rumah Fatur. Namun, saat berada di luar rumah, HRN menyerang Fatur dengan senjata tajam.

Fatur mengalami luka parah di bagian kepala, pundak, tangan, kaki, dan pinggang.

Namun berdasarkan bukti persidangan, HRN diduga tak sendirian membunuh Fatur. Ia diduga bersama sejumlah rekannya yang kini masih dalam pencarian Polisi.

Post By : Jagobola.com

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Suzuki Jimny Lahir Kembali Sebagai Mobil Listrik

Suzuki Jimny Lahir Kembali Sebagai Mobil Listrik Selain generasi baru Jimny, Suzuki juga menyiapkan konsep ...