Home / News / Kriminal / Bursa Calon Kapolri, Presiden Jokowi Harus Mampu Redam Gesekan Politik
Agen Casino Online

Bursa Calon Kapolri, Presiden Jokowi Harus Mampu Redam Gesekan Politik

Bursa Calon Kapolri, Presiden Jokowi Harus Mampu Redam Gesekan Politik

Bursa Calon Kapolri, Presiden Jokowi Harus Mampu Redam Gesekan Politik

JagoBola.com – Sejumlah partai politik mulai gencar memberikan masukan beberapa nama untuk digadang menjadi Kapolri kepada Presiden Joko Widodo. Sebagaian besar partai menginginkan Komjen Budi Gunawan mengisi pos yang akan ditinggalkan Jenderal Badrodin Haiti itu.

Menurut pengamat politik, Haris Rusly, institusi Polri jadi rebutan banyak pihak karena posisinya yang sangat strategis. Maka dari itu, proses pergantian kepemimpinannya pun selalu diwarnai intervensi politik.

“Di DPR itu, barang yang enggak ada, jadi ada,” ujar Haris ketika dikonfirmasi Kriminalitas.com di Jakarta, Minggu (5/6).

Haris menganggap, tetap ada hal baik dari proses tarik menarik tersebut. Salah satunya, publik dapat ikut memantau dan menyeleksi calon yang tepat.

Ia mengatakan, saat ini, ketegasan sikap dari Presiden Jokowi dibutuhkan dalam menentukan pengganti Badrodin Haiti. Jokowi juga diharapkan bisa menghadapi gesekan yang terjadi.

Dia mencontohkan proses pergantian Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri ke Jenderal Timur Pradopo pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Disana, gesekan sangat besar terjadi.

“Hampir semua parpol bermain,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Haris meminta kepada Presiden agar melibatkan beberapa institusi dan lembaga independen dalam memilih calon. Pelibatan institusi seperti KPK, PPATK dan beberapa LSM lain, diyakini dapat membuat arah pemilihan menjadi lebih terarah.

“Sehingga kegaduhan seperti beberapa waktu lalu (penetapan tersangka Komjem Budi Gunawan) dapat dihindari,” harapnya.

 

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Suzuki Jimny Lahir Kembali Sebagai Mobil Listrik

Suzuki Jimny Lahir Kembali Sebagai Mobil Listrik Selain generasi baru Jimny, Suzuki juga menyiapkan konsep ...