Home / News / Cerita Saipul ngaku tak sadar diri saat rekaman percakapannya dibuka
Agen Casino Online

Cerita Saipul ngaku tak sadar diri saat rekaman percakapannya dibuka

Cerita Saipul ngaku tak sadar diri saat rekaman percakapannya dibuka

Cerita Saipul ngaku tak sadar diri saat rekaman percakapannya dibuka

JagoBola.com – Pedangdut Saipul Jamil menjadi saksi untuk mantan pengacaranya, Kasman Sangaji dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat kemarin. Dalam sidang sebelumnya Kasman didakwa menyuap majelis hakim lewat pengacara pengganti Rohadi agar Saipul Jamil mendapatkan vonis ringan.

Dicecar puluhan pertanyaan oleh Hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU), pedangdut yang akrab disapa Bang Ipul ini banyak menjawab tidak tahu atau tidak ingat.

“Tidak tahu. Saya pada saat itu antara sadar dan tidak sadar,” ujar Saipul menjawab beberapa pertanyaan JPU, Senin (19/9) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

Bahkan ketika JPU memperdengarkan rekaman percakapannya via telpon dengan sang kakak, Samsul Hidayatullah, Ipul mengaku tidak mengerti ucapannya sendiri. Padahal dalam rekaman percakapan tersebut, obrolan keduanya yang nampak seperti membicarakan rencana penyuapan terdengar ‘nyambung’. Ipul pun terdengar banyak menanggapi pernyataan kakaknya dengan jawaban ‘iya’.

“Itu suara saya, tapi isinya pada saat itu saya tidak paham. Kondisi saya tidak stabil. Kadang-kadang jawab iya iya padahal nggak ngerti. Waktu denger diputer KPK baru sadar, kok saya ngomong gitu ya?” lanjutnya.

Sangking seringnya Ipul menjawab ‘tidak tahu’ dengan alasan tidak sadarkan diri, JPU sampai-sampai bertanya kepadanya, “Tapi sekarang Anda sadar?”. Ipul pun beberapa kali diingatkan, “Anda sudah disumpah lho”.

“Pembicaraan Anda nggak sadar ya? Kalau sama kamera anda sadar?” cecar jaksa menyindir Saipul.

“Ngga juga bu, tergantung,” jawab Saipul.

Dalam persidangan itu jaksa memutar percakapan Saipul dengan kakaknya, Samsul. Dari percakapan, Saipul dan sang kakak sedang menyusun rencana agar pedangdut itu bisa bebas di tingkat banding atau Pengadilan Tinggi.

Samsul: Ya artinya ini perjuangan juga, artinya buat lo. Artinya memang sudah begini keterangan kan
Saipul: He’eh
Samsul: Tapi lagi diupayakan nanti di PT (Pengadilan Tinggi-red). Tapi intinya sih gini Pul. Kalau bisa nguber di Polda itu dapat usia, itu gugur Pul sebenarnya.
Saipul: Iya
Samsul: Makanya ketika Polda minta ikan gede, kasih aja
Saipul: He’eh
Samsul: Abis itu juga buat bebas
Saipul: Hemm..
Samsul: Itu bebas Pul, kalau itu sudah dinyatakan bukan apa
Saipul: Lahm kan sidang sudah kelar
Samsul: Bisa! Lah kan ada PT.
Saipul: Oh…
Samsul: Ada PT walaupun hasil PT nanti bisa langsung PK
Saipul: Hemm
Samsul: Kalau PK itu langsung digugurkan lho

Jaksa juga sempat mempertanyakan bagaimana bisa Saipul bisa berkomunikasi dengan orang-orang dengan telepon selular padahal saat itu dirinya didalam Rutan Cipinang.

“Anda menggunakan telepon di Rutan?” tanya jaksa kepada Saipul.

“Saya dikasih sama Abang saya,” jawab Saipul.

“Sejak kapan pegang HP?” tanya jaksa lagi.

“Di Rutan Cipinang,” jawab Ipul.

“Emangnya boleh memakai Hp di Rutan?”

“Engga boleh, tapi kan makainya diam-diam,” jawab Saipul.

“Emangnya nggak dirazia?” tanya jaksa lagi.

“Oh, dirazia. Hp saya diambil,” jawab Saipul.

Usai sidang, pengacara Saipul Tito Hananta Kusuma memberikan pembelaannya kepada sejumlah awak media. Menurut dia, dalam kondisi tertekan seperti dalam penjara seseorang bisa tidak sadar diri.

“Perlu dipahami bahwa Bang Ipul dan tersangka lainnya, orang yang ada di dalam tahanan itu dalam kondisi stress. Sehingga kadang-kadang karena beban psikologis yang tinggi, mereka tidak sadar apa yang mereka ucapkan,” kata Tito Hananta Kusuma kepada awak media.

Dia pun menyampaikan bahwa pihaknya yakin perkara ini adalah perkara penipuan. Hal ini karena Panitera Pengganti PN Jakarta Utara Rohadi telah mengakui bahwa ia membohongi Bertha Natalia dan Samsul Hidayatullah.

“Dalam BAP terlihat jelas bahwa Pak Rohadi sama sekali tidak menghubungi hakim. Oleh karena itu kami tim penguasa hukum sangat yakin bahwa perkara ini adalah perkara penipuan. Jadi Bang Samsil dan Bang Saipul Jamil adalah korban dari oknum Panitera yang mengklaim bisa mengurus perkara, punya kewenangan, padahal tidak sama sekali,” tandasnya.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Ini Tampilan Aston Martin New Vantage

Ini Tampilan Aston Martin New Vantage Aston Martin resmi meluncurkan New Vantage. Model itu merupakan ...