Home / News / Dilanda Kemarau, 71 Titik Api Kebakaran Hutan Ditemukan di Riau
Agen Casino Online

Dilanda Kemarau, 71 Titik Api Kebakaran Hutan Ditemukan di Riau

Dilanda Kemarau, 71 Titik Api Kebakaran Hutan Ditemukan di Riau

Dilanda Kemarau, 71 Titik Api Kebakaran Hutan Ditemukan di Riau

JagoBola.com, – Minimnya curah hujan di Pulau Sumatera membuat titik panas sebagai indikasi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) meningkat tajam. Pada Minggu (26/7) pagi, satelit milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendetaksi 308 titik panas yang tersebar di beberapa provinsi.

Seperti biasanya, Provinsi Riau sebagai langganan Karhutla paling mendominasi titik panas sebanyak 122 titik. Ini tersebar di 10 kabupaten dan kota yang ada di Bumi Lancang Kuning Riau. Dari 122 titik panas, terpantau 71 titik api.

Menurut Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin, Kabupaten Pelalawan menjadi daerah yang paling parah mengindikasikan terjadinya Karhutla, yaitu 44 titik panas.

“Selanjutnya, Kabupaten Indragiri Hilir terpantau 8 titik, Indragiri Hulu 14 titik, Kampar 16 titik, Bengkalis 17 titik, Rokan Hulu 2 titik, Dumai 7 titik dan Kuansing 4 titik. Sementara Kabupaten Rokan Hilir dan Siak, masing-masing ada 5 titik,” kata Sugarin.

Dari jumlah yang disebutkan, tambah Sugarin, yang dipercaya sebagai titik api atau kobaran Karhutla ada 71. Titik api ini merata tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Riau.

“Kabupaten Rokan Hulu ada 1 titik, Siak dan Kuansing masing-masing 2 titik, Rokan Hilir 4 titik, Kampar, Dumai serta Indragiri Hilir masing-masing 5 titik,” ujar Sugarin.

Titik api ini, sambung Sugarin, terdeteksi paling banyak terjadi di Kabupaten Pelalawan, yaitu 27 titik. Kemudian menyusul Indragiri Hullu 9 titik dan Bengkalis 11 titik.

“Akibat Karhutla ini, Kota Pekanbaru diselimuti kabut asap dengan jarak pandang hanya satu kilometer. Sementara kota lain seperti Dumai, Pelalawan dan Rengat, jarak pandang cuma tiga kilometer,” tukas Sugarian.

Menurut pengamatan BMKG, secara umum kondisi cuaca di wilayah Riau masih akan cerah berawan, dengan disertai munculnya kabut asap tipis pada pagi dan malam hari.

Sejak Riau dilanda kemarau kering, di mana titik api kian meluas, Posko Penanganan Karhutla Riau sudah menyemai sekitar 24 ton garam ke awan. Hasilnya hanya beberapa kali menimbulkan hujan dan terjadi secara tidak merata.

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Uniknya Mini “Super Mini”, Makin Mungil

Uniknya Mini “Super Mini”, Makin Mungil Panjangnya yang hanya sekitar 3 meter menjadikan Mini kerap ...