Home / News / Gak ada pilihan lain untuk Golkar selain islah
Agen Casino Online

Gak ada pilihan lain untuk Golkar selain islah

Gak ada pilihan lain untuk Golkar selain islah

Gak ada pilihan lain untuk Golkar selain islah

JagoBola.com – Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM tidak mengakui dualisme kepengurusan di Partai Golkar. Kisruh yang terjadi di dalam tubuh Golkar akan diselesaikan melalui mahkamah partai.

Melihat situasi ini dari kedua kubu mulai memunculkan wacana untuk islah. Proses ke arah itu terlihat dengan diutusnya elite Golkar kubu Aburizal Bakrie menemui Agung Laksono dkk.

“Kami siap menginstruksikan teman-teman untuk berbicara dulu dengan kubu Pak Agung. Kalau tidak ada hasil siap melakukan langkah hukum,” terang Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie.

Kisruh Partai Golkar kini memasuki babak baru. Jika kesepakatan islah ini tak tercapai konflik akan diselesaikan melalui jalar hukum. Kubu Ical sendiri sudah menunjuk Yusril Ihza Mahendra sebagai pengacara.

Menkum HAM hanya akui pengurus Golkar versi Munas Riau

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Laoly menyatakan tetap mengakui Partai Golkar sebagai salah satu partai politik di Indonesia. Yasonna menyatakan susunan kepengurusan Partai Golkar dikembalikan pada hasil Musyawarah Nasional (Munas) Riau 2009. Di mana, Ical pertama kali terpilih sebagai ketua umum menggantikan Jusuf Kalla.

“Golkar tetap diakui negara sebagai partai politik tapi kepengurusannya yang terjadi persoalan. Kita kembalikan ke kepengurusan sebelumnya,” kata Yasonna di gedung Dirjen Imigrasi Jakarta, Selasa (16/12).

Dengan keputusan itu, Yasonna yakin pemerintah tak akan dituduh melakukan intervensi terhadap kepengurusan partai politik. Sebab, hasil Munas Riau periode lalu memasukkan kedua kubu dalam jajaran kepengurusan.

“Pemerintah berdiri netral, senetral-netralnya. Yang tercatat di kita masih yang lama, semua di situ (kedua kubu) ada di dalam,” terang dia.

Lanjut dia, pemerintah mengharap kisruh di tubuh partai beringin segera usai. Hal itu dapat dimediasi oleh para senior dari Golkar.

“Dua sahabat ini untuk duduk bersama dibantu para senior. Agar keduanya dapat menyelesaikan masalah secara bersama,” pungkas dia.

Ical utus Sharif Cicip temui Agung dkk

Wakil Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Sharif Cicip Sutardjo menyatakan dirinya ditunjuk sebagai juru runding kubu Aburizal Bakrie. Rencananya besok dia akan menemui kubu Agung Laksono guna membahas kemungkinan islah kedua kubu.

“Jadi tadi, saya baru dikasih tahu agar bisa bicara dengan Pak Agung dan Pak Yorrys. Besok saya ada urusan juga di DPP Slipi, saya sudah telepon Pak Agung juga (membicarakan Islah),” kata Sharif di Bakrie Tower Jakarta, Selasa (16/12).

Menurut keyakinannya Munas Bali yang memenuhi syarat dalam AD/ART partai. Dokumen yang mereka dilayangkan ke Kementerian Hukum dan HAM pun dinilainya lengkap.

“Ini mau saya rapatkan, kita merasa bukti-bukti administrasi kita di Kemenkum HAM paling kuat. Perlu dikroscek lagi apakah kehadiran DPD I dan II di Munas Ancol benar atau tidak,” terang dia.

Fadel sebut islah adalah jalan terbaik

Wakil ketua umum Partai Golkar versi Munas Bali, Fadel Muhammad menilai strategi islah merupakan jalan terbaik bagi penyelesaian konflik di tubuh partai beringin. Namun, ada tahapan yang harus dilalui terlebih dulu.

“Saya pikir yang terbaik islah dari kedua belah pihak. Untuk islah ada beberapa alternatif yang ditempuh,” kata Fadel saat menghadiri pertemuan pinisepuh Golkar di Bakrie Tower Jakarta, Selasa (16/12).

Menurutnya, alternatif yang akan dibahas mengenai mekanisme kedua kubu berembuk. Ada wacana juga mengenai alternatif menggabungkan kepengurusan hasil Munas Bali dan Ancol atau diadakan munas islah.

“Jadi saya pada pikiran bahwa tidak ada cara lain kecuali islah. Untuk islah harus adil, misalnya dulu kedua kubu pernah saling pecat, maka keduanya perlu membentuk kesepakatan baru, pemimpin baru,” terang dia.

Lanjut dia, keputusan Menkumham soal kisruh Golkar dikembalikan ke internal dibenarkannya. Hal itu agar ada waktu kedua kubu untuk menyelesaikan persoalan secara internal melalui mahkamah partai.

“Itu bagus (keputusan Menkumham). Kedua kubu nanti dapat menempuh jalur sesuai AD/ART partai,” pungkas dia.

Panisepuh Golkar ingin dua kubu islah

Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie (Ical) mengumpulkan pinisepuh partai beringin di Bakrie Tower. Ical meminta saran dari para senior atas kisruh yang melanda partainya.

“Kami melaporkan hal-hal terkait perkembangan politik terkini, keadaan Partai Golkar dan apa-apa yang berkembang. Semua menyarankan agar (islah) dilakukan dengan baik, tanpa kekerasan, memperhatikan AD/ART dan keputusan partai lainnya,” kata Ical di Bakrie Tower Jakarta, Selasa (16/12).

Menurutnya, pertemuan selama empat jam lebih itu dihadiri oleh lima orang pinisepuh Partai Golkar. Namun, mantan Presiden Habibie yang diundang berhalangan hadir.

“Ada Sukardi, Oetojo Oesman, Irsyad Sudiro, Irsyad Suhaedi, dan ibu Sri Rejeki. Kalau Pak Habibie berhalangan karena sakit,” terang dia.

Ical mengatakan, pihaknya akan segera merespons keputusan Kementerian Hukum dan HAM untuk menyelesaikan kisruh secara internal. Kepengurusan Partai Golkar pun kembali ke hasil Munas Riau tahun 2009.

“Kemenkum HAM meminta penyelesaian melalui mahkamah partai dan akan segera kami laksanakan. Kedua, saya mendengarkan statement Menkum HAM jika hanya mengakui kepengurusan Munas Riau dan dalam kepengurusan maka saudara Agung Laksono adalah wakil ketua umum dan Priyo ketua DPP,” pungkas dia.

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Uniknya Mini “Super Mini”, Makin Mungil

Uniknya Mini “Super Mini”, Makin Mungil Panjangnya yang hanya sekitar 3 meter menjadikan Mini kerap ...