Home / News / Gunung Bromo akan dibuka, warga selamatan dan bersihkan area kawah
Agen Casino Online

Gunung Bromo akan dibuka, warga selamatan dan bersihkan area kawah

Gunung Bromo akan dibuka, warga selamatan dan bersihkan area kawah

Gunung Bromo akan dibuka, warga selamatan dan bersihkan area kawah

JagoBola.com – Kawasan wisata Gunung Bromo akan kembali dibuka untuk umum terhitung besok, Sabtu (12/3). Masyarakat menggelar selamatan dan bersih-bersih sekitar kawah serta lautan pasir.

“Besok pagi (Sabtu) 12 Maret 2016, kawah Kaldera Bromo secara resmi akan dibuka untuk wisata,” kata Ayu Dewi Utari, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) di Malang, Jumat (11/3).

Kata Ayu, sebagai rangkaian kegiatan pembukaan kawasan TNBTS pasca-erupsi Gunung Bromo telah dilakukan kegiatan persiapan. Kegiatan meliputi acara selamatan dilanjutkan pembersihan kawah dari sisa erupsi.

“Kemarin, Kamis (10/3) telah dilaksanakan selamatan di Kawah Gunung Bromo dan hari ini dilaksanakan kerja bakti membersihkan kawah Bromo dari sampah erupsi,” katanya.

Kerja bakti bersih-bersih kawasan Bromo diikuti seluruh elemen masyarakat dari empat kabupaten yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.

“Juga melakukan perbaikan alur-alur di laut pasir yang kemarin terdampak lahar dingin, akibat curah hujan yang tinggi,” katanya.

Perlu diketahui, status Gunung Bromo sendiri telah diturunkan dari level Siaga (level III) menjadi Waspada (level II) sejak Jumat (26/2) lalu. Namun pihak TNBTS tidak langsung membuka kawasan tersebut untuk umum dengan berbagai pertimbangan.

Salah satunya karena kepentingan konservasi ekosistem Kawasan Gunung Bromo dan menghormati ritual Wulan Kepitu Masyarakat Tengger. Selain itu juga dilakukan persiapan pembenahan jalur wisata yang rusak akibat erupsi.

Saat itu juga diberlakukan larangan kendaraan bermotor masuk ke Kawasan Tengger Laut Pasir dari 27 Februari 2016 sampai 11 Maret 2016. Mulai besok kendaraan bermotor dapat memasuki Kawasan Tengger Laut Pasir dengan tetap mentaati peraturan yang berlaku.

“Pengaturan jalur kendaraan bermotor, jalur kuda dan jalur pejalan kaki akan diberlakukan dan diminta untuk dipatuhi bersama,” katanya Ayu saat itu.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Yaris “Hybrid” 8 Roda Rajanya Black Auto Battle 2017

Yaris “Hybrid” 8 Roda Rajanya Black Auto Battle 2017 Black Auto Battle 2017 di Bandung ...