Home / News / Ekonomi / Indonesia Akan Perluas Jalinan Perdagangan Bebas
Agen Casino Online

Indonesia Akan Perluas Jalinan Perdagangan Bebas

Indonesia Akan Perluas Jalinan Perdagangan Bebas

Indonesia Akan Perluas Jalinan Perdagangan Bebas

JagoBola.com – Pemerintah akan memperluas jalinan kerjasama terkait Free Trade Area (FTA) atau kawasan perdagangan bebas. Pasalnya, selama ini masih banyak kawasan yang belum menjalin kerjasama tersebut dengan Indonesia.

“Itu ditekankan Pak Menko (Sofyan Djalil) bahwa akibat kita tidak mau engaged dengan internasional FTA ini makaa Indonesia akan kehilangan pasar dan investasi yang mau masuk,” kata Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Bachrul Chairi di Kemenko Perekonomian, Selasa (17/3/2015).

Bachrul mencontohkan, bea masuk tuna Indonesia di Eropa dikenakan biaya 22,5 persen. Padahal, negara lain seperti Malaysia, Filipina dan Vietnam dikenakan bea 0 persen. Hal ini dikarenakan negara tersebut sudah melakukan FTA dengan Uni Eropa.

“Akibat perbedaan 22,5 persen kita sulit bersaing. Nah, kita ketinggalan dalam hal ini,” ucap dia.

Oleh sebab itu, pemerintah akan menyelesaikan FTA saat ini dan melihat negara-negara lain yang akan dibuka kerja samanya. Terkait dengan FTA yang belum menguntungkan, Bachrul menyatakan bahwa kerjasama tersebut tidak boleh dihentikan.

“Memang kita tidak boleh berhenti, harus terus,” kata dia.

Adapun jalinan FTA yang akan dilaksanakan adalah antara Indonesia – Australia, Indonesia – Chili, Indonesia – India, Indonesia – Uni Eropa, Indonesia – Turki, Indonesia – Iran, Indonesia – Amerika Serikat, dan Indonesia – Korea.

“AS yang pasti yang baru, karena jangan sampai investasi AS tidak masuk yang menurut saya potensial. Eropa sudah masuk, kajiannya sudah jadi malah,” kata dia.

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Evhero, Mobil Listrik Buatan Itenas Bandung

Evhero, Mobil Listrik Buatan Itenas Bandung Institut Teknologi Nasional ( Itenas) Bandung sukses membuat purwarupa ...