Home / News / Jangan Tertipu Kapasitas ‘Palsu’ Powerbank!
Agen Casino Online

Jangan Tertipu Kapasitas ‘Palsu’ Powerbank!

Jangan Tertipu Kapasitas ‘Palsu’ Powerbank!

Jangan Tertipu Kapasitas 'Palsu' Powerbank!

JagoBola.com – Powerbank tidak diragukan lagi adalah perangkat tambahan smartphone yang sangat dibutuhkan saat ini. Namun, banyak pengguna yang terkecoh dengan label kapasitas yang tercantum padanya.

Saat membeli sebuah powerbank dengan kapasitas 10.000mAh untuk smartphone Anda yang mempunyai baterai 2.500mAh, mungkin yang ada di pikiran adalah powerbank itu bisa mengisi ulang secara penuh smartphone hingga 4 kali. Sayangnya hal itu salah.

Ada beberapa faktor yang membuat kapasitas powerbank tidak seperti yang seharusnya. Faktor pertama tentu saja adalah perbedaan tegangan.

Powerbank mempunyai tegangan standar yang tetap sekitar 5.0 Volt, sama dengan perangkat yang lain yang mempunyai koneksi USB. Tetapi, tegangan smartphone tidak sama, bahkan tidak stabil.

Smartphone dengan baterai terisi penuh, tegangan tertingginya adalah 4.3, sementara tegangan terendahnya 3.0 Volt. Saat disambungkan dengan powerbank, tegangan rata-ratanya sekitar 3.7 Volt, masih di bawah tegangan standar powerbank (5.0 Volt).

Nah, perbedaan tegangan itu lah yang menyebabkan terjadinya pemborosan energi yang keluar dari powerbank. Dikutip dari Phone Arena (16/03), energi yang terbuang sia-sia akibat perbedaan tegangan itu adalah 10 persen.

Di samping masalah tegangan, faktor lain seperti suhu, arus listrik, kualitas powerbank, dan umur baterai berkontribusi dalam pemborosan daya powerbank. Jika ditotal, daya yang hilang dari sebuah powerbank yang dicharge penuh bisa mencapai 20 persen lebih.

Oleh karena itu, untuk mengisi smartphone secara penuh, sebaiknya Anda mencari powerbank dengan kapasitas 25-30 persen di atas kapasitas baterai smartphone Anda.

Kembali ke kasus awal, sebuah powerbank berkapasitas 10.000mAh mungkin hanya bisa mengisi daya smartphone 2.500mAh Anda tidak lebih dari 3 kali.

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Sandi Juga Pertimbangkan Masukkan Non-PNS Jadi Tim Gubernur

Sandi Juga Pertimbangkan Masukkan Non-PNS Jadi Tim Gubernur Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mempertimbangkan ...