Home / News / Ekonomi / Kenaikan Pemudik via Pesawat Tak Cerminkan Ekonomi Menguat
Agen Casino Online

Kenaikan Pemudik via Pesawat Tak Cerminkan Ekonomi Menguat

Kenaikan Pemudik via Pesawat Tak Cerminkan Ekonomi Menguat

Kenaikan Pemudik via Pesawat Tak Cerminkan Ekonomi Menguat

JagoBola.com – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengakui tingkat konsumsi domestik tengah mengalami penurunan. Padahal, sektor ini menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pernah mencapai level 6 persen di 2012.Menurutnya, penurunan konsumsi domestik dapat dilihat dari penurunan daya beli masyarakat ketika mudik Lebaran tahun ini. Walaupun jumlah pemudik Lebaran tahun ini meningkat 2 persen.

“Oleh karena itu faktornya itu apakah karena penurunan konsumsi. Sebab kalau kita lihat angka mudik itu naik semua, pemakai pesawat naik, yang riil turun cuma kapal laut,” kata Sofyan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

“Kalau indikator itu kita jadikan indikasi ya bahwa daya beli masyarakat memang berkurang karena tidak signifikan,” tambah dia.

Sofyan menambahkan, penurunan daya beli masyarakat ini dapat dilihat dari jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut dan bus berkurang. Tetapi untuk moda transportasi lain, ada peningkatan.

“Karena, faktor pertama menurunnya harga-harga komoditas, terutama di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi itu sangat berpengaruh sekali. Tapi kalau kita lihat angka orang-orang bepergian, biasanya mudik itu merupakan kebutuhan, tetapi kalau dalam keadaan ada pilihan yang sulit, mungkin orang akan keep. Tapi kita lihat masih oke,” paparnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2015, tidak akan jauh berbeda dengan kuartal I-2015 yang sebesar 4,71 persen.

“Kalau yang bisa kita bilang, kuartal II-2015 kita melihat pertumbuhan ekonomi kurang lebih sama dengan kuartal pertama. Tapi kalau pertumbuhan ekonomi kita melihat antara 5-5,4 persen. tapi bias ke bawah,” tukasnya.

 

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Rolls Royce Ini Hanya Ada Satu Unit, Harga Rp 25 Miliar

Rolls Royce Ini Hanya Ada Satu Unit, Harga Rp 25 Miliar Rolls Royce Phantom Metropolitan ...