Home / News / Ekonomi / Kenya Jual Obligasi Jutaan Dollar AS Lewat Ponsel
Agen Casino Online

Kenya Jual Obligasi Jutaan Dollar AS Lewat Ponsel

Kenya Jual Obligasi Jutaan Dollar AS Lewat Ponsel

Kenya mulai menjual obligasi senilai 1 miliar shillings atau 9,64 juta dollar AS lewat ponsel. Sebelumnya, penjualan obligasi awal senilai 150 juta shillings berhasil ludes hanya dalam hitungan hari.

Mengutip Reuters, negara di Afrika tersebut mulai menjual obligasi infrastruktur bertenor tiga tahun yang dinamakan M-Akiba pada 23 Maret 2017. Kenya menjadi negara pertama di dunia yang menerbitkan obligasi lewat ponsel tanpa perlu rekening bank.

“Hari ini kita kembali merayakan kepemimpinan kita dalam inovasi uang berbasis mobile,” kata Menteri Keuangan Kenya Henry Rotich pada acara peluncuran obligasi tersebut di Nairobi Securities Exchange, Jumat (29/6/2017).

Dana perolehan awal sebesar 150 juta shillings tersebut adalah tahap pertama emisi obligasi tersebut. Dengan penawaran pada Jumat kemarin, maka masih ada 3,85 miliar shillings yang akan dijual kemudian.

Penjualan obligasi ini adalah kemajuan inovasi layanan keuangan berbasis teknologi di Kenya. Sebelumnya pada tahun 2007 silam, Kenya menggemparkan dunia karena menjadi pionir produk uang mobile bernama M-Pesa.

Kenya membutuhkan dana yang besar untuk menjalankan program pengembangan yang ambisius. Program ini di antaranya adalah pembangunan jalan-jalan baru dan jalur kereta api.

M-Akiba memungkinkan investor individu menempatkan dana minimal 3.000 shillings dan maksimal 1 juta shillings. Adapun bunga bebas pajak yang diperoleh 10 persen dan obligasi ini dapat dijual di pasar sekunder.

Awalnya, obligasi ini tersedia pada layanan transfer dana yang disediakan perusahaan telekomunikasi. Namun, kemudian obligasi ini juga tersedia di Pesalink, layanan serupa yang disediakan oleh bank-bank komersial. Masa penawaran obligasi ini mulai 30 Juni sampai 21 Juli 2017.

Adapun obligasi ini akan diperdagangkan di bursa saham pada 25 Juli 2017 mendatang. Rotich menuturkan, ke depan semua obligasi infrastruktur yang ditawarkan oleh pemerintah akan memiliki porsi penjualan melalui ponsel.

Post By : Jagobola.com

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Sopir Bajaj Diduga Dibunuh di Pasar Cipulir

Sopir Bajaj Diduga Dibunuh di Pasar Cipulir Seorang sopir bajaj bernama Supriyadi (58), tewas di ...