Home / News / Kesehatan / 5 Kunci yang harus diingat agar bayi tak lahir cacat
Agen Casino Online

5 Kunci yang harus diingat agar bayi tak lahir cacat

5 Kunci yang harus diingat agar bayi tak lahir cacat

Jagobola.com – Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Karena saat ini semakin banyak saja bayi berkebutuhan khusus yang lahir, saya jadi semakin khawatir akan hal yang sama yang bisa menimpa saya. Kira-kira ada tidak tindakan awal yang bisa mencegah hal tersebut? Faktor-faktor apa saja yang harus saya hindari?

Jawaban
Kehamilan sebaiknya direncanakan secara matang untuk menghindari berbagai masalah di masa depan. Adapun beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Check-up ke dokter
Mengecek kesehatan secara keseluruhan termasuk persiapan penting sebelum hamil. Tujuannya untuk mengurangi risiko komplikasi saat hamil dan agar kehamilan berlangsung secara sehat. Cek kesehatan tersebut bisa mencakup vaksin, tes kesuburan, general check-up, dan pemeriksaan obat-obatan yang sedang dikonsumsi yang bisa menghambat kehamilan.

2. Berat badan ideal
Persiapan penting sebelum hamil adalah memiliki berat badan ideal. Jika Anda terlalu kurus, biasanya akan timbul masalah atau komplikasi saat hamil. Tapi, kalau Anda terlalu gemuk dan mengarah pada obesitas, bisa menimbulkan kecenderungan diabetes dan tekanan darah tinggi.

3. Makan makanan sehat
Asam folat bermanfaat bagi Anda yang merencanakan kehamilan maupun Anda yang sudah hamil. Pasalnya, asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir, bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Anda bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang terdapat pada sayuran hijau, jeruk, hati, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi asam folat berbentuk pil atau vitamin. Selain itu, makanlah makanan yang banyak mengandung protein, zat besi, dan kalsium.

4. Hindari kafein dan minuman beralkohol
Persiapan penting sebelum hamil adalah menghindari asupan kafein seperti kopi, cokelat, soda.

5. Berhenti merokok
Berhentilah merokok jika Anda ingin hamil. Merokok dapat membuat Anda sulit hamil dan menimbulkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran. Tidak hanya itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi.

Dijawab oleh dr. Nina Amelia Gunawan

Minggu ini merdeka.com mengusung tema seputar Kesehatan Anak. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke [email protected] Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Batuk Tak Mereda, Coba Oleskan Balsam Hangat Pada Kaki

Batuk Tak Mereda, Coba Oleskan Balsam Hangat Pada Kaki Saat tubuh demam dan batuk datang, ...