Home / News / Kesehatan / Awas! Makan wortel kebanyakan bikin kulitmu ‘oranye’
Agen Casino Online

Awas! Makan wortel kebanyakan bikin kulitmu ‘oranye’

Awas! Makan wortel kebanyakan bikin kulitmu ‘oranye’

Jagobola.com – Wortel adalah jenis sayur yang paling serba guna di antara yang lain.

Bayangkan saja, wortel dapat menjadi dasar dari berbagai masakan, bisa diserut dan menjadi salad, menjadi jus atau smoothie yang segar, bahkan menjadi cake.

Namun meski enak dan bernutrisi, wortel menunjukkan bahwa sesuatu yang terlalu banyak itu tidak terlalu baik. Karena memakan terlalu banyak wortel, dapat membuat kulit Anda menjadi oranye.

Dilansir dari Huffington Post, ini adalah kondisi medis yang bernama ‘carotenemia.’ Kondisi ini benar-benar membuat kulit Anda terlihat layaknya karakter kartun, karena kulit Anda akan lebih oranye dari biasanya. Namun tenang, kondisi ini tidak berbahaya kok.

Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Wortel adalah sayuran yang tinggi beta karoten, sebuah pigmen natural yang memberi tanaman akar-akaran tersebut warna oranye alami. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak wortel, atau ubi, atau labu, atau berbagai bahan makanan lain yang tinggi karoten, kelebihan beta karoten tersebut akan memasuki aliran darah, dan tersimpan di bawah kulit, Inilah yang menyebabkan warna kuli menjadi oranye, kuning, atau bahkan emas.

Namun hal ini tak akan mutlak terjadi ketika kita menyantap wortel secara berlebihan. Karena, hal ini tergantung dari sistem metabolisme tiap individu yang memang berbeda. Jika dipukul rata, dosis yang sehat konsumsi beta-karoten adalah 6 hingga 8 miligram per hari.

Menurut blog kesehatan dari Columbia University, Anda bisa terkena carotenemia, jika Anda mengonsumsi 20 miligram beta-karoten tiap hari. Angka ini setara dengan 3 buah wortel berukuran besar.

Sebenarnya, selain tak berbahaya, carotenemia tak juga membuat seluruh tubuh kita menjadi oranye, karena hanya bagian tertentu yang berubah. Menurut Scientific American, karoten dapat diekskresikan melalui keringat, namun konsentrasi warna karoten paling kuat berada di telapak tangan, telapak kaki, dan di garis wajah.

Meski demikian, jangan kurangi konsumsi wortel per hari Anda. Beta-karoten dalam wortel tadi, akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang membantu mendorong sistem imun Anda, membuat mata sehat, dan menyehatkan kulit.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Penyebab Napas v”Bau Naga Setelah Bangun Tidur

Penyebab Napas “Bau Naga Setelah Bangun Tidur Ciuman mesra dengan pasangan setelah bangun tidur hanya ...