Home / News / Ekonomi / Mata Uang Paling Aman di Dunia Adalah….
Agen Casino Online

Mata Uang Paling Aman di Dunia Adalah….

Mata Uang Paling Aman di Dunia Adalah….

Ilustrasi

Para ekonom dari Goldman Sachs Group Inc menobatkan yen Jepang sebagai mata uang paling aman di dunia.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa mata uang yang disebut sebagai safe haven atau dirasa paling aman untuk menempatkan dana ketika terjadi fluktuasi atau gejolak di pasar.

Mengutip Bloomberg, Selasa (11/7/2017), mata uang Jepang tersebut berada paling jauh dari pergerakan terkait aset risiko global dalam satu dekade terakhir.

Ini diungkapkan para ekonom Goldman Sachs yang dipimpin Kevin Daly dalam laporannya yang dirilis pada Senin (10/7/2017) waktu setempat.

Para ekonom tersebut membandingkan fluktuasi harian dan bulanan pada basket 28 mata uang dunia secara floating, baik nilai tukar negara maju maupun berkembang.

Pergerakan fluktuasi tersebut diteliti dalam periode lima tahun dari 2007-2011 dan 2012-2016.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan yen adalah mata uang dengan korelasi negatif paling konsisten terhadap pergerakan saham global, harga minyak AS, dan imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun.

“Yen adalah mata uang safe haven yang paling safe haven, dengan franc Swiss dan dollar AS berkejaran menempati posisi kedua,” kata para ekonom Goldman Sachs dalam laporannya.

Beberapa temuan lainnya adalah mata uang peso Meksiko, rand Afrika Selatan, serta dollar Kanada dan Australia merupakan mata uang risk on yang paling konsisten.

Selain itu, korelasi antara kurs dan obligasi pemerintah AS 10 tahun cenderung positif, kecuali untuk yen.

Secara umum, hubungan antara nilai tukar dan imbal hasil ekuitas melalui MSCI All Country World Index cenderung lebih kuat dalam basis harian ketimbang bulanan.

Selain itu, para ekonom Goldman Sachs juga menemukan korelasi kuat antara nilai tukar dengan harga minyak.

Ketika harga minyak naik, nilai tukar negara-negara pengekspor termasuk di antaranya adalah Kanada, Kolombia, dan Rusia cenderung menguat. Sementara itu, nilai tukar yen, dollar AS, dan franc cenderung melemah.

Post By : Jagobola.com

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Di Jepang, Honda CBR250RR Asal Indonesia Inden

Di Jepang, Honda CBR250RR Asal Indonesia Inden Model sport CBR250RR yang diekspor Astra Honda Motor ...