Home / News / Kesehatan / Menelusuri jejak tentang bahaya tersedak
Agen Casino Online

Menelusuri jejak tentang bahaya tersedak

Menelusuri jejak tentang bahaya tersedak

Menelusuri jejak tentang bahaya tersedak

JagoBola.com – Beberapa waktu lalu kita sempat dikejutkan dengan kasus orang tersedak yang menghilangkan nyawanya. Kasus ini bahkan menyeret nama salah satu restoran cepat saji yang cukup populer di tanah air. Kasus ini menunjukkan bahwa kita tak bisa menyepelekan tersedak.

Lalu apakah yang dimaksud tersedak?

Tersedak adalah penyumbatan saluran napas bagian atas oleh makanan atau benda lainnya. Kondisi ini membuat seseorang sulit bernapas secara efektif. Tersedak dapat menyebabkan batuk kecil, namun jika terjadi penyumbatan komplek pada saluran pernapasan, tersedak dapat menyebabkan kematian.

Dengan begitu, tersedak adalah kondisi medis darurat yang membutuhkan pertolongan yang cepat. Ketika seseorang tersedak, maka napas akan terhambat sehingga tak ada oksigen yang bisa masuk dalam paru-paru.

Otak sangat sensitif terhadap kurangnya oksigen dan mulai mati dalam waktu empat hingga enam menit. Ini rentang waktu yang harus digunakan untuk memberi pertolongan. Jika tidak mendapat pertolongan segera, kematian otak irreversibel bisa terjadi dalam waktu 10 menit.

Apakah penyebab tersedak?

Tersedak terjadi ketika sepotong makanan atau benda lainnya terjebak di saluran pernapasan atas.

Di bagian belakang mulut, terdapat dua bukaan, salah satunya adalah kerongkongan yang mengarah ke perut. Bukaan lainnya adalah trakea yang merupakan jalur udara yang harus membuka untuk sampai ke paru-paru.

Ketika proses menelan terjadi, trakea ditutup oleh flap yang disebut epiglotis. Flap ini berfungsi mencegah makanan memasuki paru-paru. Trakea membagi diri ke dalam bronchae utama di kiri dan kanan yang mengarah pada paru-paru kiri dan kanan. Cabang tabung akan semakin mengecil seiring dengan penyebarannya di seluruh paru-paru.

Pada orang dewasa, tersedak paling sering terjadi ketika makanan yang dikonsumsi tidak dikunyah dengan baik. Berbicara atau tertawa saat makan dapat menyebabkan makanan turun pada pipa yang salah.

Pada orang dewasa yang lebih tua, faktor risiko tersedak bisa terjadi karena usia lanjut, kurangnya jumlah gigi, dan konsumsi alkohol.

Pada anak-anak, tersedak bisa disebabkan karena mengunyah makanan yang kurang halus, mengonsumsi makanan dengan potongan besar, dan terlalu banyak memasukkan makanan dalam mulut dalam satu waktu. Anak-anak juga sering menempatkan benda-benda kecil di mulutnya, sehingga mereka sangat rentan mengalami tersedak.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi

Crossover Nissan Ini Tidak Perlu Pengemudi Menunjukkan eksistensi teknologi kendaraan listrik, Nissan meluncurkan mobil konsep ...