Home / News / Meskipun Harus Lewat Independen, Nasdem Akan Tetap Dukung Emil
Agen Casino Online

Meskipun Harus Lewat Independen, Nasdem Akan Tetap Dukung Emil

Meskipun Harus Lewat Independen, Nasdem Akan Tetap Dukung Emil

Ridwan Kamil

Partai Nasdem tetap optimis calon Gubernur Jawa Barat yang diusungnya, Ridwan Kamil, bisa terpilih sebagai Gubernur Jabar 2019.

Nasdem tetap optimistis meski Emil, sapaan Ridwan Kamil, ditinggalkan oleh PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Dua partai tersebut berpeluang mengusung figur lain selain Emil.

Ketua DPP Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago menilai semua hal bisa saja terjadi karena situasi politik masih dinamis.

Apalagi, PDI-P dan Golkar pun masih belum mendeklarasikan figur yang akan didukungnya secara resmi. Jika keduanya sudah mendeklarasikan figur pun, masih banyak partai lain yang dapat diajak kerja sama.

“Sampai hari ini (PDI-P dan Golkar koalisi) kan masih wacana. Kalau baru wacana bisa saja semua berubah,” kata Irma saat dihubungi, Kamis (10/8/2017).

Irma menambahkan, Nasdem melakukan segala upaya agar Emil bisa maju sebagai calon gubernur, termasuk opsi maju lewat jalur independen.

Namun, ia tak merinci soal strategi Nasdem jika Emil maju lewat jalur independen. Irma mengaku enggan berandai-andai. Sekalipun maju lewat jalur independen, hal itu dianggap bukan masalah oleh Nasdem.

“Enggak ada masalah. Mau maju lewat independen pun kita masih tetap dukung. Jadi kita punya komitmen jelas. Jangan kemudian setelah kami dukung, lalu dia enggak ada calon lalu kami pindah ke tempat lain. Selama dia mau maju, kalau hitungan kami dia masih bisa menang kenapa enggak?” tutur Anggota Komisi IX DPR RI itu.

Saat ini, baru Nasdem yang mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil. Namun, Nasdem tidak bisa mengusung Ridwan Kamil sendiri karena hanya memiliki 5 kursi di DPRD Jabar. Untuk mengusung calon gubernur atau wakil gubernur, dibutuhkan 20 kursi.

Sedangkan PDI-P dan Golkar kemungkinan besar tidak akan mengusung wali kota Bandung tersebut untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2017. Keduanya kemungkinan akan berkoalisi mengusung paket cagub-cawagub.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini partainya tengah membangun komunikasi intensif dengan Golkar untuk mengusung Dedi Mulyadi sebagai cagub Jabar. PDI-P sudah menyiapkan sejumlah nama untuk menjadi pasangan Dedi, seperti Ketua DPD PDI-P TB Hasanuddin, anggota DPR Puti Guntur Soekarnoputra, dan Bupati Majalengka Sutrisno.

Sekjen Partai Golkar Idrus Marham juga mengatakan, komunikasi dengan Ridwan Kamil tidak mencapai titik temu. Golkar ingin Dedi Mulyadi menjadi calon gubernur. Namun, Ridwan Kamil juga telah mendeklarasikan diri di posisi yang sama.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, partaikan akan melakukan upaya maksimal agar Ridwan Kamil maju pada Pilkada Jawa Barat 2018. Ia mengatakan, upaya itu termasuk melalui jalur independen.

“Opsi semuanya dibuka termasuk melalui jalur perseorangan dan jalur partai politik. Karena apa? Ini bukan hal yang bertabrakan, jalur perseorangan dan jalur partai politik itu complimentary, saling melengkapi,” ujar Johnny, di Kantor DPP Nasdem, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Meski demikian, Nasdem akan memberi kesempatan penuh kepada Ridwan Kamil alias Emil untuk menentukan posisi yang akan dipilih. Tak menutup kemungkinan jika nantinya Emil dicalonkan sebagai wakil gubernur.

Post By : Jagobola.com

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Evhero, Mobil Listrik Buatan Itenas Bandung

Evhero, Mobil Listrik Buatan Itenas Bandung Institut Teknologi Nasional ( Itenas) Bandung sukses membuat purwarupa ...