Home / News / Peneliti Kembangkan Smartphone untuk Cegah Kebutaan
Agen Casino Online

Peneliti Kembangkan Smartphone untuk Cegah Kebutaan

Peneliti Kembangkan Smartphone untuk Cegah Kebutaan

Peneliti Kembangkan Smartphone untuk Cegah Kebutaan

JagoBola.com – Sebuah software terbaru yang dapat mendeteksi penyakit mata dengan menggunakan smartphone telah dikembangkan.

Dilansir laman Deccan Herald, Selasa (21/7/2015), software pendeteksi sakit mata untuk smartphone itu nantinya akan diperuntukkan untuk dokter umum. Software tersebut akan membuat smartphone mampu mendeteksi kondisi seperti diabetes edema melalui mata pasien untuk kemudian merujuk penderita ke dokter spesialis.

Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Medical and Surgical Centre for Retina yang bekerjasama dengan insinyur biomedis dari Monterrey Institute of Technology and Higher Education (ITESM)di Meksiko. Teknologi tersebut akan menggunakan kamera dari telefon untuk mendeteksi kelainan dalam ketebalan retina.

“Idenya adalah untuk mendeteksi dan mencegah penyakit dalam praktik umum. Kami tidak mengganti spesialis, kita ingin tahu mana pasien memiliki penyakit dan membuat deteksi dini,” ujar Dr Juan Carlos Altamirano Vallejo, Direktur Medis dari Medical and Surgical Centre for Retina di Meksiko.

Penggunaan teknologi itu cukup sederhana, hanya dibutuhkan aplikasi pada ponsel, lalu fokuskan kamera pada mata, hasil langsung akan diperoleh. “Kita mulai dari fakta bahwa itu adalah jauh lebih murah untuk mencegah daripada mengobati kebutaan,” kata Vallejo.

Pengembangan perangkat lunak tersebut diklaim cukup memuaskan dan diharapkan segera dipasarkan dan dimasukkan dalam sistem kesehatan dasar di Meksiko.

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Tersapu Banjir Bandang, Sawah di Gunungkidul Tinggal Bebatuan Cadas

Tersapu Banjir Bandang, Sawah di Gunungkidul Tinggal Bebatuan Cadas Banjir bandang yang terjadi beberapa waktu ...