Home / News / Peristiwa / Evakuasi ramatis Bona si buaya muara dari pemiliknya kepada BKSDA
Agen Casino Online

Evakuasi ramatis Bona si buaya muara dari pemiliknya kepada BKSDA

Evakuasi ramatis Bona si buaya muara dari pemiliknya kepada BKSDA

Jagobola.com – Selama sembilan tahun tinggal bersama buaya, Syafarudin, warga Kelurahan Sungai Jawi Dalam, kecamatan Pontianak Barat, Pontianak, Kalimantan Barat, harus rela hewan kesayangannya itu dibawa petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Sabtu (19/3). Proses evakuasi buaya berlangsung dramatis.

Syafarudin bercerita, buaya sepanjang 3 meter yang diberi nama Bona itu awalnya ditemukan di parit depan rumahnya. Saat itu, Bona ingin dibunuh warga, lantaran buaya salah satu satwa liar buas.

“Waktu itu, habis salat Subuh, saya bilang jangan dibunuh. Akhirnya, saya tangkap. Sempat 2 hari, dia (Bona) tidak mau makan. Saya beri usus ayam, juga tidak mau. Seminggu kemudian, dia bisa beradaptasi, mau makan,” kata Syafarudin kepada wartawan.

Pria paruh baya itu, tidak kesulitan memberi makan Bona. Ayam tiren hingga tikus tiap lima hari sekali diberikan kepada Bona buat disantap. “Kalau soal makan, saya tidak repot. Cuma kalau sudah dipindahkan (diamankan BKSDA) seperti ini, nanti dia jadi tidak terawat. Tapi saya ikhlas, tapi asalkan dirawat dengan baik,” ujar Syafarudin.

Proses evakuasi oleh BKSDA terhadap buaya itu dari dalam rumah Syafarudin, berlangsung dramatis dan diwarnai tangisan. Awalnya Syafarudin dan keluarganya tidak bersedia. Setelah diberi penjelasan, jenis buaya muara itu, akhirnya dievakuasi. Diperlukan tidak kurang dari 3 orang, untuk mengevakuasinya. Tentu saja, setelah mata Bona ditutup, dan keempat kakinya diikat.

Kepala Satuan Tugas Penanggulangan Konflik Tumbuhan dan Satwa Liar BKSDA Kalbar, Azmardi menerangkan, secara ekonomis, memelihara buaya, tidak mendapat keuntungan.

“Semua buaya, dilindungi Undang-undang. Apalagi buaya muara dan buaya Senyulong. Saya harap, buaya tidak dipelihara karena sebaiknya buaya hidup di alamnya,” terang ungkap Azmardi.

Mobil BKSDA yang membawa Bona, akhirnya meninggalkan rumah Syafarudin, menuju pusat rehabilitasi satwa di Singka Zoo, di Singkawang, yang masih di wilayah Kalbar. Saatnya nanti, buaya itu akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Hampir Setahun, Ratusan Jasad Anggota ISIS Hanya Disimpan di Kontainer

Hampir Setahun, Ratusan Jasad Anggota ISIS Hanya Disimpan di Kontainer Ratusan jasad anggota ISIS yang ...