Home / News / Kriminal / Ribut di Penjara, 20 Narapidana Dipindah ke Nusakambangan
Agen Casino Online

Ribut di Penjara, 20 Narapidana Dipindah ke Nusakambangan

Ribut di Penjara, 20 Narapidana Dipindah ke Nusakambangan

Ribut di Penjara, 20 Narapidana Dipindah ke Nusakambangan

JagoBola.com – Sebanyak 20 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Solo dengan vonis belasan tahun dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/6) malam. Pemindahan dilakukan menyusul terjadinya perkelahian di kawasan blok D pada akhir pekan lalu.

“Pemicu perkelahian adalah masalah utang piutang antar dua orang napi. Tapi perkelahian justru melibatkan penghuni seluruh blok D,” terang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas 1 Kota Solo, Urip Dharma Yoga, Kamis (24/6).

Jika dirinci, kata Urip, sebanyak 12 orang narapidana yang dipindah merupakan residivis kasus narkoba. Sisanya merupakan kasus kriminal murni, diantaranya dua pembunuhan dan tiga pencurian dengan vonis antara empat hingga tujuh tahun.

Dalam proses pemindahan tersebut, juga menerapkan aturan khusus salah satunya, vonis yang dilalui oleh terpidana sudah berlangsung selama dua tahun.

“Jadi gak sembarangan, langsung dipindah. Mereka (narapidana-red) telah menjalani hukuman dari vonis hakim selama dua tahun,”

Selain rawan terjadi perkelahian ulang, lanjut Urip, pemindahan yang dilakukan juga menyusul padatnya jumlah Rutan Solo yang dinilai telah overload. Sehingga, jika terjadi sedikit gesekan, dapat memicu dampak besar baik bagi napi maupun petugas Rutan.

“Potensi rawan perkelahian yang menimbulkan efek negatif ini ini sangat tinggi. Jadi untuk mengatasi itu harus dipindahkan,” jelas Urip.

Pantauan di lapangan, para narapidana dipindah dengan pengawalan sangat ketat. Kedua tangan diikat menggunakan borgol dan sejumlah petugas dari aparat kepolisian turut mengamankan dengan senjata lengkap. Sekitar pukul 23.30 WIB malam narapidana diangkut dengan menggunakan mobil tahanan.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

BMW i Hampir Mustahil Dirakit di Indonesia

BMW i Hampir Mustahil Dirakit di Indonesia Mengklaim diri sebagai pionir kendaraan listrik di dalam ...