Home / News / Seluruh Mahasiswa Korban Luka di Lab UI Satu Kelompok Praktikum
Agen Casino Online

Seluruh Mahasiswa Korban Luka di Lab UI Satu Kelompok Praktikum

Seluruh Mahasiswa Korban Luka di Lab UI Satu Kelompok Praktikum

Seluruh Mahasiswa Korban Luka di Lab UI Satu Kelompok Praktikum

JagoBola.com – Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) angkatan 2013 yang menjadi korban kecelakaan kerja di laboratorium kimia siang tadi diduga lupa mengangkat labu destilasi yang sudah mendidih di atas suhu normal.

Alat labu destilasi yang berisi campuran asam, fenol, dan alkohol 95% dididihkan di atas kasa asbes dengan menggunakan pemanas Bunsen (lampu spiritus). Setelah mendidih mahasiswa diinstruksikan untuk menampung destilat sebanyak 20 tetes (1ml).

Diperkirakan jumlah destilat yang ditampung sudah mencukupi 1 ml tapi mahasiswa kelompok ini (regu korban) masih terus melakukan destilasi dan pemanasan sampai larutan sampel dalam labu destilasi hampir kering.

Saat keadaan mengering tersebut suhu diduga sudah di atas 90 derajat melebihi batas normal 70 derajat hinga akhirnya terjadi ledakan.

“Saat praktikum mungkin mahasiswa lupa mengontril suhu labu destilasi,” ujar Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) Mahdi Jufri, Senin (16/3/2015).

Mahdi menambahkan mahasiswa yang menjadi korban luka seluruhnya satu kelompok praktikum. Sedikitnya ada 70 mahasiswa saat itu, dan hanya 14 mahasiswa satu regu tersebut yang menjadi korban luka.

“Satu grup ini seluruhnya terkena serpihan ledakan labu destilasi. Lupa mengontrol air sudah mengering. Kalau sampai 90-100 derajat bisa seperti itu akibatnya,” jelasnya.

Ledakan tersebut terjadi di lantai 2 Gedung J Fakultas Farmasi UI (FFUI). Sejumlah dosen dan pegawai UI di lantai 1 saat kejadian terkejut dan ikut membantu membawa mahasiswa korban luka ke RS Bunda Margonda dan RS Graha Permata Ibu.

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Raksasa Otomotif China Berencana “Caplok” Jeep

Raksasa Otomotif China Berencana “Caplok” Jeep Beberapa tahun ini ramai diperbincangkan soal akuisisi merek-merek besar ...