Home / News / Teknologi / Dengan implan otak, manusia bisa miliki ‘indera ke enam’
Agen Casino Online

Dengan implan otak, manusia bisa miliki ‘indera ke enam’

Dengan implan otak, manusia bisa miliki ‘indera ke enam’

Jagobola.com – Kemampuan super yang dimiliki manusia, memang hanya ada di buku komik dan film fiksi ilmiah. Namun beberapa di antara kekuatan super, bisa dimiliki manusia dengan sedikit modifikasi ilmiah.

Dilansir dari Daily Mail (17/3), ilmuwan kini sedang mencoba melakukan implan otak kepada tikus, agar tikus percobaan tersebut memiliki ‘indera ke enam,’ yang membuatnya mampu untuk melihat dalam kegelapan. Penelitian ini membuktikan bahwa memungkinkan bagi otak yang sudah dewasa, untuk beradaptasi pada perubahan dan bentuk baru, serta memberi kemungkinan bagi otak manusia untuk mengembangkan kekuatan super.

Peneliti bahkan menilai bahwa sangat bear kemungkinan untuk ‘memasang’ sensor di otak agar manusia bisa lebih peka dengan berbagai bentuk sinar, seperti ultraviolet, gelombang mikro ataupun x-ray.

Dalam studi ini, para ilmuwan mengimplan 4 buah elektroda di beberapa bagian otak yang memiliki respon perasa di seekor tikus. Setiap buah elektroda terkoneksi dengan sensor yang dapat menangkap cahaya inframerah.

Dalam pengembangan awalnya yang hanya menggunakan sebuah sensor, butuh sebulan bagi tikus untuk beradaptasi dengan implan baru di otaknya tersebut. Karena dalam satu bulan, tikus tersebut baru bisa mendeteksi inframerah di atas tempat makannya, dan menyadari bahwa dia harus menekan sebuah tombol untuk membuka makanannya.

Namun ketika sudah dipasang 4 sensor, tikus tersebut mampu bereaksi terhadap inframerah hanya dalam waktu kurang dari 4 hari.

Sang kepala peneliti, Dr Miguel Nicolelis, seorang ahli saraf dari Duke University Medical Centre di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, percaya bahwa otak mamalia mampu beradaptasi terhadap hal baru. Dalam jurnalnya, sang peneliti menyatakan bahwa neocortex mamalia dewasa bisa menyerap informasi yang benar-benar baru ke sebuah struktur yang baru, dan memakai informasi baru tersebut jadi perilaku yang baru pula.

Hal ini mungkin bisa diaplikasikan ke manusia sebagai sebuah ‘kekuatan super,’ namun peneliti sebenarnya bertujuan untuk membantu manusia yang kehilangan penglihatannya, untuk dapat melihat lagi, meski hanya dapat mendeteksi dari panasnya saja.

Selain itu, dunia militer juga dapat menggunakan hal ini untuk melacak musuh dari kegelapan dengan inframerah, bahkan bisa melihat musuh dari balik tembok dengan gelombang mikro.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Hacker Temukan Cara Bebaskan Malware dari “Penjara” Antivirus

Hacker Temukan Cara Bebaskan Malware dari “Penjara” Antivirus   Aplikasi antivirus sejatinya diciptakan untuk melindungi ...