Home / News / Kriminal / Wakapolda Metro Imbau Jajarannya Pahami UU Pilkada
Agen Casino Online

Wakapolda Metro Imbau Jajarannya Pahami UU Pilkada

Wakapolda Metro Imbau Jajarannya Pahami UU Pilkada

Wakapolda Metro Imbau Jajarannya Pahami UU Pilkada

JagoBola.com – Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana mengimbau jajarannya agar selalu siap dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 2017 mendatang. Menurutnya, anggota kepolisian harus paham mengenai Undang-Undang Pemilu.

“Keamanan Pilkada dapat terwujud jika personel punya wawasan dan pengetahuan soal perundang-undanganan Pemilu. Jadi masyarakat juga bisa merasa aman,” ujar Suntana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/10/2016).

Suntana menambahkan, saat ini personel polisi harus mengerti mengenai perluasan wewenang yang dimiliki oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), yang berhak memberikan sanksi kepada pasangan calon (paslon) Gubernur yang melanggar. “Sanksi itu berupa diskualifikasi,” tambahnya.

Seperti diketahui, Bawaslu kini berhak menyelidiki dan menindak paslon yang melanggar dengan cara musyawarah bersama paslon tersebut.

Kepolisian juga diimbau untuk dapat memahami mekanisme pelaporan pidana Pilkada agar dapat bertindak dengan jelas. Lebih utama lagi, kepolisian harus dapat membedakan tindak pidana pemilu atau tindak pidana umum.

“Selain sudah paham aturan mainnya, polisi juga harus netral. Kalau sudah netral kan menjalankan tugas juga enak, bisa adil dan tidak ada beban pada pihak-pihak tertentu,” pungkasnya.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Harley-Davidson Mau Mencaplok Ducati

Harley-Davidson Mau Mencaplok Ducati Setelah rumors beredar kalau Ducati sudah masuk radar Royal Enfield, kali ...