Home / News / Wapres Kalla Ingatkan Pentingnya Peran Diaspora dalam Bangun Indonesia
Agen Casino Online

Wapres Kalla Ingatkan Pentingnya Peran Diaspora dalam Bangun Indonesia

Wapres Kalla Ingatkan Pentingnya Peran Diaspora dalam Bangun Indonesia

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meresmikan pembukaan Indonesian Diaspora Global Summit 2017 yang diselenggarakan Indonesian Diaspora Network (IDN) dan Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) di hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meresmikan pembukaan Indonesian Diaspora Global Summit 2017 yang diselenggarakan Indonesian Diaspora Network (IDN) dan Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) di hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan pembukaan Indonesian Diaspora Global Summit 2017 yang diselenggarakan Indonesian Diaspora Network (IDN) dan Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) di hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Dalam sambutannya, Kalla mengatakan bahwa diaspora punya peran penting dalam membangun bangsa. Kalla pun mengutip pernyataan Presiden ke-35 Amerika Serikat John Fitzgerald Kennedy.

“Apabila kita bertemu seperti ini, tentu kita bisa mengulangi apa yang disampaikan John F Kennedy 56 tahun yang lalu. Jangan menanyakan apa yang negara sumbangkan kepada kita. Tapi apa yang kita sumbangkan kepada negara. Saya kira itulah juga makna yang besar dalam pertemuan ini,” kata Kalla.

Menurut Kalla, banyak negara besar di dunia yang bekerja sama dan mengoptimalkan peran diaspora. Di India misalnya, diaspora punya peran yang sangat besar untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Begitu juga China, 32 tahun pembangunan yang masuk adalah diaspora dengan idenya. Jadi diaspora mempunyai andil yang cukup besar. Dunia global ini juga tentu ditentukan diaspora dari berbagai bangsa,” ujar Kalla.

“Kalau kita lihat sejarah orang China. Di Amerika Serikat mereka menjadi pekerja kereta api. Datang ke Malaysia menjadi pekerja kebun. Bagaimana orang India dengan pengetahuannya menguasai, menjadi CEO perusahaan-perusahaan di AS. Itu kita patut belajar dari mereka,” kata dia.
Kalla ingin semua diaspora di berbagai penjuru dunia bersatu di tengah perbedaan suku, ras dan bahasa, bekerja bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik ke depannya.

“Semua sepakat bahwa kita bangsa yang besar. Bangsa yang besar harus meraih cita-citanya dengan bekerja keras dan bersatu. Dengan kebinekaan kita, berbeda-beda suku, bangsa, bahasa dan itulah kekuatan kita,” tutur Kalla.

Indonesian Diaspora Global Summit 2017 mengangkat tiga topik utama, yakni pendidikan dan kesehatan untuk Papua dan Papua Barat, kontribusi dari diaspora untuk penghematan energi dengan teknologi mutakhir, dan perlindungan diaspora Indonesia global.

Hadir mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla antara lain, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dakhiri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Post By : Jagobola.com

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Motor “Supercharger” Baru Kawasaki Meluncur di EICMA

Motor “Supercharger” Baru Kawasaki Meluncur di EICMA Rumors yang selama ini mengatakan Kawasaki memiliki model ...