Home / News / Ekonomi / Warga Nilai Harga Pembebasan Tol MapanTerlalu Murah
Agen Casino Online

Warga Nilai Harga Pembebasan Tol MapanTerlalu Murah

Warga Nilai Harga Pembebasan Tol MapanTerlalu Murah

Warga Nilai Harga Pembebasan Tol MapanTerlalu Murah

JagoBola.com – Warga Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ramai-ramai mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Malang dan Balai Kota Malang.

Mereka memprotes penetapan harga pelepasan lahan untuk jalan tol Malang-Pandaan (Mapan). Massa yang lebih banyak para ibu rumah tangga ini datang sambil membawa peralatan dapur. Mereka meminta pemerintah untuk lebih peduli terhadap nasib rakyatnya yang akan digusur untuk pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

Bahkan, salah seorang warga RT 1/3 Kelurahan Madyopuro, Muji Mulyani, sampai menitikkan air mata saat berada di halaman luar Kantor BPN Kota Malang. “Rumah dan tempat usaha saya diberi harga yang tidak layak. Bagaimana saya bisa membuka usaha lagi kalau saya tidak mendapatkan tempat usaha baru,” ungkapnya sedih. Rumahnya berada di tepi Jalan Ki Ageng Gribig dalam bentuk tiga bangunan: rumah tinggal dan dua bangunan untuk tempat usaha butik serta warung.

Luasnya 294 meter persegi dan semuanya bangunan tiga lantai. Berdasarkan penghitungan panitia penilai dari Kementerian Pekerjaan Umum, bangunan dan lahan tersebut dihargai Rp4 miliar. Harga hasil survei tersebut, menurut Muji, harusnya disosialisasikan kepada warga, tetapi tim pembebasan lahan tidak melakukan sosialisasi.

Tiba-tiba saja dimintakan persetujuan kepada warga yang terdampak. “Kami diminta mengurus di pengadilan, apabila sampai bulan Mei mendatang tidak menyetujui harga yang ditetapkan panitia. Kondisi ini membuat kami cemas,” keluhnya. Koordinator warga Kelurahan Madyopuro yang terdampak pembangunan jalan tol Mapan, Elhamdi, menyatakan, ada 212 bidang lahan milik warga di Kelurahan Madyopuro yang harusnya dibebaskan.

“Dari bidang yang akan dibebaskan, 130 warga menolak penetapan harga dari panitia karena tidak manusiawi,” katanya. Dia melihat, penetapan harga yang dilakukan sangat tidak akurat. Harga lahan di tepi sungai dengan yang di pinggir jalan raya tidak berbeda jauh.

Rumah yang luasnya 111 meter persegi hanya diberi harga Rp870 juta, sementara untuk membeli ruko yang luasnya hanya 67 meter persegi saat ini harus sudah siap dengan uang Rp1,2 miliar.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Sandi Juga Pertimbangkan Masukkan Non-PNS Jadi Tim Gubernur

Sandi Juga Pertimbangkan Masukkan Non-PNS Jadi Tim Gubernur Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mempertimbangkan ...