Home / Sports / F1 / Data dan Fakta GP Inggris
Agen Casino Online

Data dan Fakta GP Inggris

Data dan Fakta GP Inggris

Data dan Fakta GP Inggris

JagoBola.com – GP Inggris yang ramah untuk pebalap-pebalap lokal membuka peluang Lewis Hamilton meraih kemenangan di sana. Tapi Ferrari juga punya catatan bagus karena mereka adalah tim tersukses di Sirkuit Silverstone.

Berikut data dan fakta GP Inggris, seperti dikutip dari situs resmi F1:

– Sirkuit Silverstone akan menggelar balapan F1-nya yang ke-49 di akhir pekan ini. Cuma ada dua lintasan yang lebih banyak menjadi tuan rumah balapan F1 yakni Monza (64 kali) dan Monte Carlo (62 kali). Ketiga sirkuit tersebut juga menjadi tuan rumah F1 saat seri pertama balapan ini digelar pada tahun 1950 silam.

– GP Inggris punya kehormatan lain karena merekalah yang menggelar seri F1 untuk kali pertama di tahun 1950 itu. Giuseppe ‘Nino’ Farina memenangi balapan dengan Alfa Romeo. Di dua tahun berikutnya (1951 dan 1952) GP Inggris dimenangi oleh pebalap Italia lainnya, Alberto Ascari. Itu artinya tiga seri pertama GP Inggris dimenangi orang Italia, namun begitu sejarah tersebut tidak pernah terulang lagi sampai saat ini.

– GP Inggris dikenal ramah untuk pebalap lokal. Dari 48 balapan terakhir di Sirkuit Silverstone, 17 di antaranya dimenangi oleh driver Inggris. Di tahun 1963, 1964, dan 1965, Jim Clark malah memimpin pebalap Inggris menyapu bersih podium dengan diikuti oleh Graham Hill dan John Surtees. Sementara pebalap Inggris yang pertama menang di Silverstone adalah Peter Collins.

– Soal Jim Clark, pebalap kelahiran Skotlandia itu total sudah lima kali jadin juara di Silverstone, cuma Alain Prost yang bisa menyamai rekor tersebut. Clark masih memegang rekor dengan jumlah lap terbanyak saat memimpin balapan yakni sebanyak 365 putaran.

– Ferrari menjadi tim tersukses di sepanjang sejarah GP Inggris. Pabrikan asal Italia itu total sudah meraih 16 kemenangan di sana, termasuk yang paling pertama diraih pada 1951. Dari 16 kemenangan tersebut, 13 di antaranya didapat di Silverstone, sementara sisanya diraih di Aintree (1961) dan Brands Hatch (1976 serta 1978). McLaren dan Williams menjadi tim tersukses berikutnya dengan masing-masing dapat 14 dan 10 kemenangan.

– Dari pebalap yang berada di grid saat ini, Fernando Alonso dan Lewis Hamilton sama-sama sudah dua kali jadi juara GP Inggris. Sementara Kimi Raikkonen, Sebastian Vettel dan Nico Rosberg masing-masing meraih satu kemenangan. Alonso total enam kali naik podium, cuma kalah satu dari catatan milik Alain Prost dan Michael Schumacher. Yang unik, Jenson Button, justru tidak pernah jadi pemenang di depan pendukungnya sendiri, meski dia kini menjadi pebalap dengan jumlah penampilan terbanyak di sana.

– Alonso saat ini juga memegang rekor sebagai pemilik pole paling banyak di Silverstone dengan sudah tiga kali meraihnya. Pebalap lain yang punya catatan serupa adalah Clark, Nigel Mansell dan Damon Hill. Tapi di Silverstone pemilik pole jarang dapat kemenangan. Di 20 balapan terakhir cuma empat peraih pole bisa menuntaskan race di podium teratas.

– Ada lima pebalap memenangi GP Inggris dengan keunggulan satu lap atau lebih dari pesaing terdekatnya, mereka adalah: Ascari di 1952, Juan Manuel Fangio di 1956, Jackie Stewart di 1969, Emerson Fittipaldi di 1975 dan Prost di 1985. Sementara jarak terdekat antara pemenang dengan runner up adalah 0,2 detik, saat Stirling Moss mengalahkan rekan setimnya Fangio di Aintree pada tahun 1955.

– Itu merupakan kemenangan pertama Moss di ajang F1. Tercatat ada enam pebalap yang meraih kemenangan pertamanya di Inggris, mereka adalah: Farina (1950), Froilan Gonzalez (1951), Tony Brooks (1957), Jo Siffert (1968), Peter Revson (1973) dan Johnny Herbert (1995).

– Balapan terlama di Silverstone terjadi pada 1956 di mana Fangio membutuhkan waktu dua jam 59,47 detik untuk bisa keluar sebagai pemenang. Sementara balapan terpendek adalah pada 1985 yang dimenangi Prost dalam satu jam 10,436 detik.

– Tujuh dari 10 tim yang berlaga di F1 memiliki kandang di Inggris, seluruhnya dalam radius 160 km di sekitar Silverstone. Force India jadi yang terdekat, sementara McLaren paling jauh.

 

Agen Poker Terbaik

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Hasil Lengkap Pertandingan NBA, Senin (11/12/2017)

Hasil Lengkap Pertandingan NBA, Senin (11/12/2017) Guard Boston Celtics Kyrie Irving (11) mengiring bola dan ...