Home / Sports / F1 / Kecepatan Puncak di Baku yang Mengejutkan
Agen Casino Online

Kecepatan Puncak di Baku yang Mengejutkan

Kecepatan Puncak di Baku yang Mengejutkan

Kecepatan Puncak di Baku yang Mengejutkan

JagoBola.com – Balapan GP Eropa di Azerbaijan akhir pekan lalu masih menyisakan sebuah pembicaraan. Tingginya kecepatan puncak di Baku City Circuit diakui mengejutkan.

Balapan di Baku, Minggu (19/6/2016) malam WIB lalu dimenangi oleh driver Mercedes Nico Rosberg. Dia finis di depan Sebastian Vettel yang menunggangi Ferrari dan Sergio Perez yang membesut Force India.

Ada cerita lain dari jalannya GP sepanjang akhir pekan itu, yakni terkait catatan kecepatan puncak di trek jalan raya tersebut. Pebalap Williams Valtteri Bottas terekam mengukir kecepatan puncak secara resmi di angka 366,1 km/jam, saat melintasi garis start/finish di sesi kualifikasi.

Bottas ketika itu terbantu karena berada di jalur slipstream driver Red Bull Max Verstappen, ketika melahap trek lurus sepanjang 2,2 km. Tapi rupanya data Williams menunjukkan angka kecepatan pebalapnya itu masih bertambah, karena titik pengereman untuk tikungan pertama sendiri masih berada setelah garis start/finish.

Mobil FW38 tunggangan Bottas tercatat mencapai kecepatan puncak 378 km/jam. Angka ini melewati catatan kecepatan di sejumlah sirkuit berkecepatan tinggi lainnya seperti di Meksiko dan Monza.

Motorsport melansir bahwa di GP Meksiko tahun lalu Felipe Massa tercatat mengukir 364,3 km/jam di speed trap pada sesi kualifikasi. Catatan itu mengalahkan milik Sergio Perez di awal musim tersebut yang berada di angka 354,6 km/jam.

Catatan Bottas di Baku sendiri diyakini sudah menjadi rekor tak resmi, mengalahkan catatan Juan Pablo Montoya di Monza tahun 2005 dengan 372,6 km/jam. Di sisi lain, angka kecepatan puncak di Baku diakui sang desainer sirkuit, Hermann Tilke, mengejutkan.

“Program komputer kami untuk simulasi catatan waktu dan kecepatan mentok di 340 km/jam, karena Anda tak pernah tahu apa yang akan tim gunakan dalam hal sayap dan setelan,” ungkap Tilke dikutip Motorsport.

“Sejumlah tim mengatakan puncak kecepatannya akan sekitar 345 km/jam atau 350 km/jam, tapi pada akhirnya jauh lebih tinggi. Saya rasa itu rekor di seluruh balapan F1,” tandasnya.

Bottas finis di posisi enam pada balapan kemarin. Dia berjarak satu menit 0,886 detik dari Rosberg.

Agen Poker Terbaik

About jagoanbola

Check Also

Terobosan Nike untuk Jersey Tim-tim NBA

Terobosan Nike untuk Jersey Tim-tim NBA Nike menjadi penyedia beragam atribut NBA mulai 2017/2018. Perusahaan ...